Saturday, December 17, 2011

Headamp (DAO) Bagian 1

Setelah lagi-lagi menggangu bro Robby, pesanan saya akhirnya datang. Beberapa butir komponen kecil, berkaki tiga dan pendek pula. Ya ini LU1014D Power JFET, memang ini barang lawas dan telah di-discontinue. Tidak ada salahnya untuk mengoleksinya kan :).





Pertama kali melihat bentuk aslinya, ampun! dimensinya lebih kecil jika dibandingkan dengan BD139 ditambah lagi kaki super pendek dan tidak terdapat lubang untuk mounting (terpaksa harus menggunakan semacam clamp).

Untuk proyek kali ini kemungkinan saya akan mencoba sesuatu yang baru yaitu head-amp. Pilihan jatuh pada DAO yang di-post oleh EUVL aka Patrick (bisa dilihat disini), alasannya skema yang cukup simpel dan tidak dibutuhkannya output caps. Dan jika kita perhatikan topologinya "mirip" sama B1 Buffer. Terdapat dua versi yakni versi original dan TCS (Taylor Current Source).

Gambar 1. Versi Original

Gambar 2. Versi TCS


Setelah membaca halaman per halaman, ternyata ada yang lebih menarik perhatian saya pada page 10 post #96 yang di postkan oleh Juma.

Gambar 3. Versi Juma

Memang sedikit lebih rumit, akan tetapi dibayar lunas oleh V supply yang lebih rendah, cukup dengan +/- 12VDC saja. Dengan supply rendah, option untuk menggunakan Salas SSLV 1.1 lebih terbuka lebar, lha bayangkan saja panas yang akan di-shunt dengan +/-24 @ 400mA, fiuhhhhh ini mau nyaingin power amp Class A.
Mungkin ada sedikit yang "mengganjal" disana, koq pakai BJT ???
Ngikut jawaban Juma yakni "mengapa tidak".

Bersambung ...
sampai batas waktu yang belum ditentukan.

No comments:

Post a Comment