Monday, July 29, 2013

Rigol DS1074Z Oscilloscope

Biasanya saya ditemani dengan Hantek DSO8060 handheld scope untuk mengamati output dari amplifier yang saya rakit, tapi kali ini scope kesayangan saya ini kedatangan teman barunya.

Rigol DS1074Z bench scope, merupakan salah satu lini terbaru dari Rigol. Bahkan jika anda mencoba melihat di situs rigolna.com produk ini belum terpampang di sana dikarenakan untuk saat ini hanya dijual secara lokal di Negeri Tirai Bambu. Sebenarnya ada tipe lainnya yang dilengkapi dengan arbitrary waveform generator yakni DS1074Z-S, hanya saja dikarenakan saya sudah mempunyai DSO8060 yang didalamnya tersedia function gen, option DS1074Z tanpa embel-embel S jadi pilihan saya selain harganya yang berbeda cukup jauh untuk seorang kuli seperti saya :)


Dari segi harga memang lumayan, bahkan boleh dibilang mahal. Saya mendapatkannya dengan membayar 3400 Yuan (sekitar Rp 5.700.000), belum termasuk ongkir dan jasa forwarder dari Negeri Tirai Bambu sana. Akan tetapi jika anda membandingkan dengan brand lain (sekelas Agilent, Tektronik, dkk) Harga ini termasuk murah jika membandingkan spesifikasi yang ditawarkan. 4 Channel, 30.000 Waveform/second, 12M memory, dan masih banyak lagi. Memang sample rate yang dimiliki cukup kecil yakni total 1GSa/s untuk ketegori 4 channel yang akan terbagi sendirinya jika channel kedua/ketiga/keempat diaktifkan. Untuk build quality, merk ini sudah bisa dibilang sangat baik, monggo di search saja video teardown dari brand ini (mulai dari oscilloscope, function generator, power supply dll)

Sebenarnya saya tertarik dengan kakaknya DS2072 yang dibanderol sekitar 5000 Yuan, sayangnya dompet saya tidak mengijinkannya.
Sebagai info DS1000Z series dibagi menjadi 4 lini (DS1074Z, DS1104Z, DS1074Z-S, dan DS1104Z-S)

Ini beberapa sampel gambar yang saya coba simpan melalui flashdisk



dan ini output amplifier satu-satunya yang masih saya punya ("sedikit"overshoot)


Saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi itus eevblog.com jika anda sedang galau/bingung dalam memilih test equipment yang sesuai dengan kriteria anda

2 comments:

  1. Wah 'kuli' mainanya osci yah hehehe. Pak De, maaf tempo hari gak bisa menjamu kedatangannya, soalnya waktunya gak sinkron. Lagian saya yg harusnya ngambil di tempatnya bpk lah. Btw, selamat berlibur ya pak dan mohon maaf lahir batin. Salam buat keluarga di sana pak De. Selesdai lebaran, mudahan partnya 'kompor' udah mulai saya lengkapi hehe.

    Regards
    Duasahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya karena "terpaksa", padahal kalau dibuat modif motor sudah cukup untuk ganti UPSIDE DOWN SE 250cc + Bore-Up (Bosen disalip sama BEBEK) :D

      Gak masalah Pak, nanti saya kabari lagi :)

      Delete