Sunday, March 6, 2016

Antimatter Circlotron (Bagian 1)

Circlotron, nama yang sedikit aneh menurut saya dan merupakan topologi yang cukup unik.

Secara umum terdapat "dua" loop (circle) yang masing-masing skema dari loop tersebut identik termasuk power supply-nya. Karena faktor inilah input dari kedua loop tersebut "secara terpaksa" antiphase/berkebalikan agar output juga saling berkebalikan.Untuk lebih detailnya monggo digoogle saja.

Topologi ini ditemukan sejak zaman kakek saya, tentunya masih menggunakan tabung/valve dan satu hal yang pasti saya bukan tube builder. Saya lebih tertarik menggunakan komponen yang lebih "baru".


Saat M. Rothacher merilis artikel "Amazing FET Circlotron" beberapa tahun yang lalu, saya sangat tertarik (hanya tertarik!). Hanya satu drawback menurut saya yakni dibutuhkan BALANCE INPUT, maklum source yang saya punya hanya single ended output yang berarti saya harus merakit single to balance converter.
Sebenarnya banyak opsi untuk membuat Single to Balance converter, mulai yang simpel (transformer) agak ribet (op-amp) sampai cukup ribet (discrete) yang akhirnya saya putuskan ambil jalur cepat menggunakan differential op-amp yang akan saya bahas di artikel lainnya.

Tidak lama kemudian, dirilis pula Amazing FET Circlotron "Antimatter" yang secara basic sama saja hanya di balik/flip. Tentunya Power supply, JFET, dan MOSFETnya dibalik.

Sebelum menjatuhkan pilihan ke Antimatter version sebenarnya saya lebih tertarik dengan versi All JFET Circlotorn yang dirilis paling akhir (trilogy) karena kebetulan saya masih punya 2 pasang JFET Output yang nganggur buatan Semisouth yakni SJEP120R100A

Kita mulai dari skema. Saya kutip dari artikel tersebut. Cukup simpel, 11-12 jika dibandingkan dengan F5 Amplifier dan bisa dibilang ini adalah F5 yang hilang setengah kemudian di copy paste :). Hal yang cukup unik lainnya dari topologi ini adalah power suply yang floating.


Setelah sedikit utak-atik, PCBnya kira-kira seperti ini.


Agar sedikit berbeda, saya tertarik menggunakan komponen SMD diparallel dengan thru hole komponen untuk jaga-jaga apabila saya berubah pikiran.

Bersambung.......

No comments:

Post a Comment