Saturday, July 28, 2018

Lakoni Falcon 120e

Kali ini ada Welding Inverter merk Lakoni yang gejalanya lampu power menyala akan tetapi kipas, relay, dll tidak menyala. Otomatis juga tidak bisa dibuat ngelas.


Saat dibongkar, mata tertuju pada rangkaian supply untuk PWM/Driver Mosfet (PCB sebelah kiri), terdapat bercak hitam pada pcb dan komponen. Ternyata usernya sendiri sudah coba mengganti Resistor (Current Limiter) dan Mosfet yang rusak akan tetapi tetap tidak bisa bekerja.




Karena PCBnya terpisah, langkah pertama coba cabut terlebih dahulu. Butuh sedikit effort karena PCB ini double side / plated holes. Langkah paling aman yakni dengan memotong headernya baru kemudian kakinya dicabut satu persatu.

IC PWM menggunakan UC3845 buatan OnSemi. Coba ubek2 Mbah Google untuk mencari datasheet dan ketemu application note dari Texas Instrument (SLUA143).
Pada Gambar 28 ada skema yang bisa kita gunakan untuk mengetes ICnya itu sendiri, sebelum kita memvonis ICnya rusak atau tidak.


Saya tes tanpa menggunakan Diode pada bagian output (Pin 6), karena tujuan saya hanya ingin mengamati output. Menggunakan Supply 15VDC saat dinyalakan IC PWM ini memakan arus yang cukup besar atau kisaran 0.3A. Jelas angka sebesar ini abnormal, uniknya output Vref (Pin 8) tetap berkerja normal yakni 5VDC.


Coba disambung ke Oscilloscope untuk melihat outputnya dan hasilnya Outputnya juga masih menghasilkan square wave dengan frekuensi kisaran 90kHz hanya saja tinggi gelombangnya sangat kecil (V peak) dibawah 1Vpk.
Dengan Kedua gejala diatas sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa ICnya sudah Malfunction, saat diukur menggunakan multimeter Output (Pin 6) bisa dibilang "short" terhadap GND (Pin 5).



Setelah Penggantian IC, resistor Gate Stopper 47 Ohm dan Zener Clamp 20V pada bagian output kemudian dipasang kembali pada mainboard dan hasilnya Output Supply kembali normal yakni kisaran 26VDC yang digunakan untuk mendrive kipas, relay dkk.

Buat yang kuotanya berlebih, silahkan dilihat sedikit video review tentang Lakoni Falcon 120e vs Redbo MMA-120.






aku takut kamu hilang, sudah lama tak pulang-pulang
malam-malam kedinginan, bantal guling ku jadikan teman

Takut Kamu Hilang by Selvi Kitty

16 comments:

  1. Mas mau tanya. Kasusnya sama dengan punya saya. Lampu nyala. Tapi kipas dll ga nyala.
    Saran kang ic pwn bawaanya uc2845 diganti uc 3845 gpp tah mas. Terus zener diganti aslinya kan 20 volt diganti yg berapa volt sama berapa watt mas ? Soalnya cari zener yg 20 volt susah. Oh ya terus resistor yg kebakar kan 2.2 ohm berapa watt mas. Terus ada resistor di bagian pwm yang diganti ngga mas ? . Maaf ya mas nanyanya kebanyakan. Maklum masih belajar dari chanelnya masnya.

    ReplyDelete
  2. Mas tanya ni, kalo lakoni falkon 120e busur potensio amperenya di putar2 ga ngaruh itu apanya ya, saya cek potensio nya masih oke. Sepertinya itu dalam keadaan maksimum busur amperenya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diurut saja sampai ke op-ampnya.
      Saya sendiri g punya skema komplitnya, terutama dibagian "feedback" :)

      Delete
  3. Falcon 120 e resistor r 61 nilainya brp ya?

    ReplyDelete
  4. bang mmw nanya.. susunan irf yang pertama itu irffz24 atau irf9z24. mhn penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak hafal Om

      Coba diperhatikan jalurnya
      Kaki Source yang ke arah "ground" itu harusnya N Channel

      Delete
  5. R ke jalur elco inverter berapa ya?

    ReplyDelete
  6. Mas irf9z24n panasnya mintak ampun apanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek transistor yang ngedrive mosfet tersebut dan output dari IRF9Z24 ke GDT mungkin ada yang "short"

      Delete
  7. Mas pwm lakoni 120e saya tegangan pada out yg seharusnya 15v melonjak menjadi 28v dan HZ nya hanya 49 padahal sudah ganti mosfet irf dan irf9z dan ic SG 3525 sudah ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek komponen pasif (R dan C) buat set pinout freq

      Delete
  8. terima servis mas?,, gejala awal 24 volt penggerak kipas mati, belakangan malah mati total,, baru cek teg 300 volt, te lain yg di butuhkan belum semat di cek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara waktu masih off Om

      Awalan bisa dicoba untuk aktifkan 24V dulu, cukup banyak tutorial online tentang ini.

      Kalau memang sudah hadir baru pindah ke blok lain (blok kontrol cek supplynya, main switch/pcb atas, kemudian trafo dam rectifier (pcb bawah)

      Delete