Tuesday, February 21, 2017

DIY Li-Ion 18650 SUPER CHARGER

Biasanya saya mengandalkan Nitecore i4 untuk mengecas koleksi baterai 18650 akan tetappi lama kelamaan bosen juga harus menunggu semalaman untuk mengecas 4 buah baterai dengan kapasitas 4 x 3000mAh. Terpikir untuk membuat sendiri charger, dengan style tentunya.

Kontroler menggunakan TP5100 yang sudah cukup "teruji" menurut saya. Tetap setia menggunakan program Eagle dalam pembuatan layout. Pemisahan PCB Controller dan Mainboard semata-mata untuk mempermudah jika saya ingin mengganti dengan kontroler lain dimasa yang akan datang.





Hasil PCB dan beberapa komponen setelah mounting. Hmmmm MERAH, sedap !


Komponen SMD tipe 1206 untuk mempermudah proses penyolderan secara manual, hanya kontroler dan diode yang terpaksa menggunakan blower.


Untuk holdernya sendiri saya menggunakan Keystone 1048 Clone.


Mounting sebagian part terlebih dahulu untuk proses debugging dan Alhamdulillah bekerja normal


All component on-board






Power supply menggunakan adaptor 12V 5A


FULL LOAD menggunakan baterai Panasonic NCR18650A

Hasil pengukuran
Slot 1 – CV 4.14X Volt
Slot 2 – CV 4.19X Volt
Slot 3 – CV 4.20X Volt
Slot 4 – CV 4.20X Volt
Arus output dikisaran 1.54 – 1.58 Ampere

Karena kontrolernya indifidual, maka waktu pengecasan antara 1 baterai hingga 4 baterai sekaligus  tetap sama.
Keempat buah baterai tersebut terisi penuh dalam waktu 2 Jam 20 menitan. Need For Speed.
Dibandingkan sama NITECORE i4 saya yang bisa makan >10 Jam dari kondisi kosong.
NO CONTEST !!!


Engkau gemilang malam cemerlangBagaikan bintang timur sedang mengembangJuwita Malam by Ismail Marzuki (Keroncong in Lounge)

16 comments:

  1. eh gan btw lu nyetak dimana PCB nya? perasaan rapih dan warna merah nya sedap gitu.

    ReplyDelete
  2. om, lib eagle buat case18650 itu pakai yg punya sparkfun bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya saya juga akhirnya bikin sendiri om, untuk pembelian komponennya langsung disoftware eaglenya ya?
      punya saya kok country id not support ya om?

      Delete
    2. Maksudnya beli komponen ?

      Saya beli di Tokped holder baterainya Om

      Delete
    3. Pembelian komponen elektroniknya, seperti icnya om

      Delete
    4. walah beda2 ya, kirain dari design link yg di eagle
      untuk pemesanan butuh waktu berapa hari om? pembuatan pcb + pembelian komponen elektro + shippignya

      Delete
    5. Share dong library holder batterai 18650 nya

      Delete
  3. misi tanya bro...
    ada protektor polaritas nya ngga ?
    pake tp4056 sering rusak gara2 kebalik pasang batre...
    mohon petunjuk suhu....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. TP5100 dari datasheet sudah built in reverse polarity shutdown tidak seperti TP4056 yang tidak ditulis dalam datasheetnya

      Tapi saya sendiri belum pernah coba pasang baterai secara terbalik

      Delete
  4. gann, itu dapet library tp5100 nya dari mana ya gan?
    bagi link dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu beli di Toped (Seller dari Medan) seingat saya

      Delete