Monday, September 5, 2016

PAM8403 Class D Amplifier Review

Kali ini saya tertarik mencoba Amplifier murah meriah PAM8403 buatan Diodes Inc.
Output 3W @ 4 Ohm load dengan power supply 5VDC, cocok untuk tempat saya yang PLNnya sering mati suri
Cukup menggunakan Power Bank and that's it !

Saya membeli dari salah satu situs jual beli online ternama di Indonesia dengan harga Rp 14.500
sebenarnya banyak variannya, hanya saja saya lebih memilih versi dengan Volume control untuk memudahkan saat pengoperasiannya


Potensiometer yang digunakan memiliki fitur switch, jadi saat diputar berlawanan arah jarum jam sampai mentok akan terdengar bunyi klik
yang berarti switch dalam kondisi off, perfect!
Dimensinya cukup mungil sekitar 30 x 20 mm dengan tinggi potensio kisaran 15mm

Class D bisa diartikan efisien, lupakan heatsink. Apalagi yang kita bahas ini power output "hanya" 3 Watt.
Dengan daya segitu, Don't expecting to much. Akan tetapi saya rasa cukup kalau hanya digunakan di dalam rumah.

Saya sedikit melakukan percobaan seperti biasa, menggunakan peralatan seadanya yang saya miliki
ini hasil percobaan, Power supply 5VDC dan Beban resistif (5 Ohm) saya coba input square wave 1Khz

mmm, "tipikal Class D tanpa Filter"

Sine wave 1Khz juga masih memiliki karakter yang serupa


Switching Frequency kisaran 234Khz


Saya rasa cukup, lepas dari percobaan diatas pindah ke percobaan langsung ke speaker (dengan musik tentunya)
Menggunakan laptop sebagai source, potensio tidak bisa diputar terlalu banyak karena sudah "clip" duluan
Gain yang dimiliki Amplifier ini cukup tinggi ~16x

Kesan pertama, high cenderung bright dan lownya terasa ringan tapi uniknya terdengar "lebih bersih" saat saya mainkan beberapa lagu dari SOAD
Memang kekurangannya power output yang pas-pasan, saya butuh power lebih.
Maklum speaker butut saya masuk kategori "pekok" hanya kisaran 86db/W

Tapi overall, saya suka apalagi dengan harga segitu No Contest !!!
Toh saya lebih sering nyetel dangdutan yang tidak butuh amplifier dengan karakter spesial :)


Sambala...Sambala...Sambal...Sambalado....................

16 comments:

  1. Speaker kw pekok brand nya apa?😂😂😂

    ReplyDelete
  2. beii speaker abal2 25rb suaranya kaya kancut, akhirnya saya beli pam8403 tak ganti dalemanya , suaranya jd josss gandoooosss

    ReplyDelete
  3. Pam 8610 dan 8403 Agar bass nambah padet yg perlu d rubah bgian ap mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri belum pernah nyoba modif karena g begitu paham class d

      Kalau berdasar skema datasheet, paling cuma bisa modif bagian kapasitor decoupling

      Delete
  4. pam 8403 yang mengunakan potensio dan tidak mengunakan potensio lebih bagus mana ya ? apakah sama karakteristiknya ?

    ReplyDelete
  5. Saya dulu sekitar 2014 beli speaker usb murah merek adv*nc* ga sampe 50000. di box potensiometernya saya buka dan ternyata built in pam 8403.karakter suaranya seperti yamg di artikel.

    ReplyDelete
  6. Bang, kit pam bisa jadiin driver engga?

    ReplyDelete
  7. di oprek buat jadi pendorongnya awal bang,, biar output pam ngk terlalu gede buat masuk ke in final.. saya udah ngoprek tpi hasil ic pam nya panas berlebih
    .

    ReplyDelete