Saturday, September 24, 2016

PAM8610 Class D Amplifier Review

Sebelum ini saya telah menyinggung masalah PAM8403 Amplifier, dan saya hanya merasa kurang dengan output power yang dihasilkan.

Saya tertarik dengan saudaranya yakni PAM8610. Power yang sedikit lebih besar dari adiknya dan harganya juga masih terjangkau yakni kisaran ~ Rp 30.000 di Toko Online ternama. Coba bungkus satu buat eksperimen.

Satu hal yang agak down side menurut saya adalah dibutuhkannya 12VDC Input, artinya saya tidak bisa menggunakan Power Bank sebagaimana adiknya. Akan tetapi masih bisa saya mentolerir karena kebetulan saya memiliki Aki yang biasanya saya gunakan sebagai sumber/daya penerangan saat listrik padam. Maklum tinggal di pelosok dan sangat rentan dengan hal tersebut.



Seperti adiknya di test sebelumnya, switching frequency PAM8610 ini bekerja dikisaran 270kHz
Maaf triggernya lupa saya sesuaikan.


Pindah ke Sine Wave, dengan amplitudo input 0,2V. Masih mirip dengan adiknya.


Untuk square wave, juga 11-13an lah.


Kedua test diatas menggunakan beban resistif 5 Ohm.

Ok kita mulai berpindah ke test dengar, saat saya coba hubungkan dengan speaker terdengar "desis" yang cukup menggangu tidak seperti adiknya yang lebih hening.
Saat coba memainkan lagu 400 Lux dari Lorde, saat intro masih berjalan normal. Begitu 'drum' ditabuh, speaker sebelah kanan langsung membisu hanya sebelah kiri yang tetap bekerja, dafuq ?!

Saya coba tukar channel antara kanan dan kiri, dan memang channel amplifier sebalah kanan mati. Coba untuk debugging, saat saya coba sambungkan ke progammable supply saat diam arus dikisaran 300mA @ 12VDC, WOW !!!
Alhasil IC PAM8610 sangat panas saat coba saya biarkan selama 5 detik.

Seingat saya saat pengujian square wave dan sinewave, arus diam hanya dikisaran 19mA @ 12VDC
The END..... CR4P.

We're never done with killing time, Can I kill with you ?



16 comments:

  1. ic ini menghasilkan inteferensi yang mengganggu tuner fm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan,saya memang mengalami hal serupa.
      Saya kurang paham dalam dunia amplifier seperti ini,sebut saja saya awam.hanya tahu pasang input output saja.

      Karna mengikuti review video YouTube yang begitu banyak orang menyanjung kit PAM ini.

      Saya rakit kit PAM 8610 ini dengan paduan power suplai 12v 3a.ditambah kapasitor 16v 2200uf.tanpa tone control,hanya memasang potensio 50k pada masing-masing input channel.

      Kemudian saya pakai speaker elsound dengan spesifikasi 60watt 6ohm.

      Hasilnya cukup memuaskan.
      Untuk kit amplifier yang saya beli dengan harga Rp.14.000,-

      Namun rasa puas saya sedikit menurun ketika saya mencoba sebuah player yang berbeda.
      Kalo selama ini saya cuma menggunakan input audio langsung dari handphone untuk mendengarkan musik.rasa puas saya menurun pas saya mencoba mendengarkan radio menggunakan walkman aiwa.
      Saya pikir karna masalah tempat penerimaan frekuensi.ternyata bukan itu masalahnya,karna sebenernya signal frekuensi modulasi masuk.hanya saja menjadi sangat lemah.
      Saya tidak mengerti dan mencoba mencari informasi di beberapa blog, namun tidak berhasil mendapatkan jawaban.

      Kesimpulan bahwa amplifier mini ini akan cocok bagi mereka yang hanya menikmati musik menggunakan handphone sebagai pemutarnya saja.untuk penikmat radio seperti saya rasanya kurang pas.

      Apakah ada koreksi dari pengalaman yang saya bagikan?

      Delete
    2. Thank's buat reportnya Gan
      Saya sendiri g sempat tau kualitas audionya malah sudah jebol duluan

      Delete
    3. Merespon pengalaman Maserin diatas sy ingin berbagi pengalaman,sy merakit 8610 dg Bluetooth mp3 usb 12v plus remote (di olshop kisaran 30-40rb) dan tone control pasif,jd tdk ada kontak lgs dg hp maupun player lain.,bs dengerin radio maupun musik dr flash disk maupun hp via Bluetooth.Utk supply tegangan sy pake power supply dr charger aki 12v 2A (di olshop kisaran 40-50rb). Input vdc 12v modul ic sy ksh elco 1000uf/25v.Agar kualitas bass lbh bulat sy tambah potensio stereo 50K di input 8610 (input potensio R1 L1 sy pasang kapasitor keramik 104J 2buah sy ct dg resistor 1k,utk input potensio R2 L2 sy koneksikan dg output tone control) suara bass yg dhasilkan lbh bulat. Alhamdulillah meski sy geber sampe 2jam ic 8610 ga overheat hanya hangat normal saja.

      Delete
    4. Thank's untuk sharingnya Om

      Delete
  2. Sayapun jg mengalami.suara berhenti jika ic sudah panas ,padahal cm memakai speaker 4 inch stereo.
    Saat standby jg gak bisa hening ,muncul noise yang sangat mengganggu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parah juga IC ini berarti
      Atau ICnya "palsu" ya ?!

      Delete
  3. Permasalahan yg aku dapati dari 4 buah ic 8610 ada 2. Pertama gak bisa pakai adaptor sembarangan (yg murahan) emang efeknya bukan ke ampli nya tapi ke player pemutar musik nya. Kalau pakai HP, touchscreen nya error seketika & kalau pakai laptop touchpad nya yg error. Pas diganti sama adaptor yg bagusan masalah hilang. Kedua, ic ini cepat panas. Dinyalakan sekitar 2 jam udah bisa buat bikin telor ceplok. Efeknya ketika dimatikan lalu dinyalakan lagi akan terdengar distorsi di kanal sebelah kiri (walaupun cuma sebentar namun ketika saya pegang speaker membran nya seperti terangkat terus, tidak seperti speaker kanal sebelah kanan). Padahal saya punya project bagus pakai modul PAM8610 buat di jual di OLshop, akhirnya ketika ada orderan barang langsung sy cancel takut pembeli kecewa..

    ReplyDelete
  4. Mslh ic Pam 8610 yg cenderung panas mgk bs dsiasati dg mnambahkan heatsink mini Pas diatas ic.
    Btw ada yg ingin sy tanyakan brgkli ada yg tau, ada chanel sw yg blm berani sy isi,apakah itu utk subwoofer.? 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, padahal desainnya tanpa heatsink (mengandalkan ground plane PCB)

      Delete
    2. Bantu jawab, kalo gak salah sw itu dibaca ms(mute switch)

      Delete
  5. Kenapa bunhi sebentar. Setelah saya matikan , saya hidupkan bunyi sebw tar trus mati lagi. Berulang ulang saya coba tetap binyi swbentar trus mati lagi

    ReplyDelete
  6. Mohon pencerahannya. Daya pakai charger 12 juga

    ReplyDelete
  7. Saya pernah menggunakan rangkaian ini, beli offline 30k, yang berfungsi hanya channel sebelah, bukan stereo seperti seharusnya, mungkin gagal produksi. Setelah dihubungkan dengan speaker 6 in suaranya nendang bass nya juga dapet tapi mono. Setelah digunakan beberapa kali yah rusak.
    Ic ini mengandung proteksi, kalo input audio terlalu tinggi auto off, mesti dikasih potensio ya.. ada harga ada kualitas

    ReplyDelete