Saturday, October 8, 2016

Simple test ATX Power Supply Komputer Amacrox Warrior

Kebetulan ada power supply nganggur sisa CPU rusak yang biasanya saya gunakan sebagai power supply LED dan bekerja dengan baik hingga saat ini. Saya hanya menggunakan daya  dibawah 50 Watt, dan saya penasaran dengan kemampuan real dari power supply ini.

Merk Amacrox, memang bukan merk terkenal. Saya coba mencari tahu siapakah OEM dari power supply ini dan ternyata buatan FSP Group, Joss. Seri Warrior dengan daya output 350 Watt, Dulu saya membeli power supply ini hanya untuk sistem pas-pasan dan bisa dibilang cukup kecil untuk kebutuhan komputer kelas moderate.




Langsung ke daya output yang tertera di stiker utama, daya terbesar ada di Tegangan 12V1 dan 12V2 yang totalnya bisa mencapai 300W
Kedua ada di tegangan 5V @ 15A dan 3,3V @ 21A yang dikombinasi maksimum 103 Watt
Karena keterbatasan Electronic load (300W), saya akan menguji tiap-tiap rail tanpa kombinasi secara total daya.


Pertama saya ke Tegangan 12V dan rail ini paling sering saya gunakan, dan saya coba buatkan grafik Tegangan vs Arus output. FYI, saya terpaksa mem parallel kedua output rail untuk mendapatkan full power dan hasilnya bisa dilihat pada grafik dibawah. Neat!



Pidah ke Tegangan 5V, grafik seperti gambar dibawah. Sweet!



Terakhir ke tegangan 3,3V dan grafiknya bisa dilihat pada gambar dibawah. Great!



Saat tanpa beban memang bisa dibilang sudah melewati batasan 5% akan tetapi saya anggap ini wajar karena power supply ini tidak didesain untuk "zero load". Jika saya perhatikan,  salah satu rail 12V hanya menggunakan bleeder resistor dengan nilai 2K2 atau hanya dibebani ~ 5mA.
Kesimpulannya, ketiga rail dengan output terbesar bisa dibilang bekerja dengan baik. Kalaupun ada sedikit drop, ketiganya masih dalam batasan/range.

Ada sedikit catatan, saat membebani rail 12V sebaiknya rail 5V juga ikut sedikit dibebani, begitu pula saat membebani 5V / 3,3V sebaiknya 12V juga dibebani.
Disini saya menggunakan bohlam atau lampu mobil H4 100/90W 24V. Saya lebih memilih bohlam sebagai beban sekunder dengan pertimbangan estetika alias lebih enak dilihat karena ada yang menyala dibanding resistor yang hanya menghasilkan panas.


Baiknya kau melepas diriku, yang tak pernah bisa mencintaimu ........

No comments:

Post a Comment