Sunday, May 25, 2014

Kwak Clock 7

Kebetulan DAC sebelumnya sudah menyediakan tempat untuk External Clock. Tapi baru kali ini saya tertarik untuk menggunakannya. Sesuai dengan namanya Kwak Clock 7 (didesain oleh Elso Kwak), saya tertarik dengan desainnya karena cukup simpel dan komponen yang digunakan termasuk kategori yang mudah didapat (mungkin hanya comparator dan N Channel RF amplifier  yang sedikit sulit didapatkan) karena saya terpaksa beli dari Digikey untuk kedua komponen tersebut.

Layout Kwak Clock 7 pada bagian kanan, skema standar apa adanya tanpa ada yang perlu dirubah.



Hasilnya seperti ini

Sebelum comparator dipasang, ada baiknya dilakukan pengukuran tegangan pada output regulator.
V+ pada 5.081 VDC dan V- pada 4.985VDC, cukup baik menurut saya.

Setelah comparator dipasang, square wave output pada 12.28MHz dan dengan sedikit tuning pada VR yang telah disediakan agar duty cycle mendekati 50%

Memang outputnya tidak begitu mulus, mungkin dikarenakan saya hanya menggunakan probe bawaan tanpa terminasi 50 Ohm. I think it's fine :)

Saat ini DAC juga masih dalam tahap perombakan, sehingga saya belum bisa menguji apakah nanti akan ada peningkatan dibandingkan clock bawaan.

BACK TO BLACK





5 comments:

  1. Mas Laode,
    Bisa nempil pcbnya?

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah jarang ke bakul PCB Pak. Coba nanti saya buatkan satu, kalau pas kesana lagi :)

      Delete
    2. minta mailnya om urgent lm 1875

      Delete
    3. maaf, baru nyambangi blog
      surel saya tjeretATgmailDOTcom :)

      Delete