Wednesday, April 29, 2015

Gainclone LM3886 / LM3876 (Bagian 3)

Komponen yang digunakan juga nothing special.
- LM3886T
- Elna SILMIC II 3300uF/50V
- Nichicon MUSE 47uF/16V
- Wima MKP10 220nF/400V
- Wima MKS 100nF/100V
- Dale RN60 Resistor
- 2Watt MOX Resistor

Power supply yang digunakan juga simpel, hanya rectifier dan beberapa capacitor. Trafo dengan CT output +/- 25VAC buatan BELL hanya saja bagian centre tap saya belah karena power supply menggunakan tipe dual secondary. Caranya cukup simpel,
- Robek kertas yang posisinya dekat dengan Center Tap dan ~25VAC output.

- Kawat tembaga pada bagian CT tersebut akan kita potong untuk dipisahkan. Bersihkan kawat tembaga tersebut untuk mempermudah penyambungan dengan menggunakan kabel


- Cek menggunakan multimeter (test kontinuiti), untuk menentukan pasangan output trafo tersebut


- Beri tanda kabel dengan warna yang berbeda antara output satu dengan lainnya untuk menghindari kesalahan pada proses pemasangan.

Untuk Rectifier, saya menggunakan NXPS20H110C. Schottky diode buatan NXP Semiconductor dengan total rating 20A 110V. Sengaja saya memilih tipe ini karena low forward voltage untuk meminimalisir dissipasi yang terjadi. Memang yang jadi masalah, "umumnya" diode tipe ini hanya tersedia untuk "low voltage", kecuali tipe SiC Schottky dengan harga selangit tentunya.
Disini saya tidak mau membahas tentang "sound of diode" :)


Untuk heatsink sendiri, saya ambil tipe ini karena kebetulan modelnya cukup unik.
Base plate menggunakan aluminium dengan ketebalan kira-kira 5mm sedang siripnya juga menggunakan aluminium plate dengan ketebalan kisaran 0.5mm  yang dibentuk sedemikian rupa untuk membantu proses pelepasan panas dan memang terbukti efektif saat test drive.
Hal lainnya yang saya sukai adalah bobot heatsink ini sendiri cukup ringan (saya belum mencoba untuk menimbang). Jauh lebih ringan jika dibandingkan heatsink model "balok" dengan dimensi yang kurang lebih setara. like it !!!

Kebetulan ada casing komputer nganggur, saya gunakan sebagai "rumah"
Hasil jadinya bisa dibayangkan sendiri, tidak ada bedanya dengan komputer pada umumnya saat side cover berada pada tempatnya :)



2 comments: